Minggu, 08 April 2012

Pengertian / Definisi Penelitian, Pengujian Teori, dan Data Valid, Reliabel dan Objektif


TUGAS METODOLOGI PENELITIAN
(Dosen: M. Yusuf Hidayat. M.Pd)

Oleh:
M Al Furqan
20404109036
Fisika 2

Soal:
1.    Kemukakan definisi Metode Penelitian selain dari materi kuliah.
2.    Apa maksud dari pernyataan dibawah ini:
a.    Data yang valid sudah pasti reliabel
b.    Data yang reliabel belum tentu valid
c.    Data yang objektif belum tentu Valid
3.    Uraikan menurut anda pernyataan dibawah ini: Dalam penelitian tidak menggunakan istilah pembuktian suatu teori tetapi menggunakan istilah Pengujian teori.
4.    Menurut anda mengapa perlu penelitian dalam  dunia pendidikan ?

Jawaban :
 1.    Research berasal dari kata re yang berarti kembali dan search yang berarti mencari, sehingga research atau penelitian dapat didefinisikan sebagai suatu usaha untuk mengembangkan dan mengkaji kebenaran suatu pengetahuan. Pada dasarnya riset adalah setiap proses yang menghasilkan ilmu pengetahuan.
Menurut Para Ahli :
a.    Clifford Woody  riset adalah suatu pencarian yang dilaksankan dengan teliti untuk memperoleh kenyataan-kenyataan atau fakta atau hukum-hukum baru. Di dalamnya terdapat usaha dan perencanaan yang sungguh-sungguh yang relatif makan waktu yang cukup lama.
b.    Whiteney (1950) mengatakan, bahwa di dalam riset terkandung suatu attidute yang gandrung dan cinta akan adanya perubahan-perubahan.
c.    National Science Foundation (1956) memberikan pengertian bahwa riset itu adalah usaha pencarian secara sistematik dan mendalam untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih luas dan lebih sempurna tentang subyek yang sedang dipelajari. Uraian yang lebih jelas kiranya dapat diperoleh dari uraian
d.    The Advanced Learner’s Dictionary of Current English (1961) ialah penyelidikan atau pencarian yang seksama untuk memperoleh fakta baru dalam cabang ilmu pengetahuan. Sedangkan menurut
e.    Fellin, Tripodi dan Meyer (1969) riset adalah suatu cara sistematik untuk maksud meningkatkan, memodifikasi dan mengembangkan pengetahuan yang dapat disampaikan (dikomunikasikan) dan diuji (diverifikasi) oleh peneliti lain
f.     The New Horison Ladder Dictionary,  research ialah a careful study to discover correct information, yang artinya, suatu penyelidikan yang dilakukan secara hati-hati untuk memperoleh informasi yang benar. Secara etimologi, penelitian berasal dari bahasa Inggris Research (re berarti kembali, dan search berarti mencari). Dengan demikian research berarti mencari kembali.
g.    Menurut kamus Webster New Internasional, penelitian adalah penyelidikan yang hati-hati dan kritis dalam mencari fakta dan prinsip-prinsip; suatu penyelidikan yang amat cerdik untuk menetapkan sesuatu. Hillway dalam bukunya Introduction to research mengemuka-kan bahwa penelitian adalah suatu metode belajar yang dilakukan seseorang melalui penyelidikan yang hati-hati dan sempurna terhadap suatu masalah sehingga diperoleh pemecahan yang tepat terhadap masalah tersebut. (Hillway, 1965)

2.    Validitan, Reliabel dan Objektivitas
a.    Valid (derajat ketetapan)
Validitas adalah derajat yang menyatakan suatu tes mengukur apa yang seharusnya diukur. Validitas suatu tes tidak begitu saja melekat pada tes itu sendiri, tetapi tergantung penggunaan dan subyeknya. Data yang valid sudah pasti reliable. Valid menunjukkan derajat ketepatan antara data yang sesungguhnya terjadi pada obyek dengan data yang dapat dikumpulkan oleh peneliti. Dan Reliabel berkenaan derajat konsistensi data dalam interval waktu tertentu. Jadi,  jika data yang diperoleh sudah tepat atau sesuai antara yang sesungguhnya terjadi, maka data tersebut akan tetap atau dengan kata lain tidak berubah dengan bergantinya waktu (konsisten).
contoh: setiap benda yang dijatuh kan dari ketinggian akan jatuh ke permukaan bumi.
b.    Reliabel (derajat konsistensi)
Adalah seberapa besar derajat skor tes konsisten dari waktu ke waktu. Reliabilitas diukur dengan menentukan hubungan antara skor hasil penyajian tes yang sama kepada kelompok yang sama, pada waktu yang berbeda.
Data yang reliabel belum tentu valid. Meskipun yang disampaikan oleh sumber data konsisten, tetapi data tersebut belum tentu valid. Karena bisa saja sumber data memberikan keterangan yang tidak benar karena suatu hal atau dengan kata lain berbohong. Misalnya untuk menyembunyikan penyimpangan yang ada. Jadi  data yang reliabilitas belum  tentu valid karena data tersebut dilihat dari tingkat konsistensinya atau kecocokannya. Makin cocok dengan sekor sesungguhnya maka makin tinggi reliabilitasnya dan sebaliknya.
Contoh: data tentang karyawan pulang malam dengan alasan  rapat padahal tidak ada rapat), Informasinya informasi diucapkan konsisten, kenyataan berbohong.

c.    Objektif (interpersonal agreement)
Menurut Sugiyono(2007: 364) dikatakan,”Obyektivitas menunjukkan derajat kesepakatan antar banyak orang terhadap suatu data.” Maksud dari pengertian ini didasarkan pada prosentase kebenaran data disampaikan oleh orang banyak.

Data yang objektif belum tentu Valid. Obyektivitas berkenaan dengan interpersonal agreement (kesepakatan antar banyak orang). Jadi, jika ada data yang diperoleh dari hasil kesepakatan banyak orang yang tentunya pernyataannya terlihat obyektif, itu belum pasti validitasnya. Karena boleh jadi sekian banyak orang itu tidak benar.
Contoh: 99% dari sekelompok orang menyatakan bahwa si A adalah murid yang paling malas di Sekolah, dan 1% menyatakan paling rajin.Padahal yang benar justru yang hanya 1 % yang menyatakan bahwa A adalah murid yang rajin. Pernyataan kelompok tersebut  terlihat  objektif ( disepakati 99 %) tetapi tidak valid.


3.    Sebagaimana yang dijelaskan pada jawaban no 1 di atas bahwa  research atau penelitian adalah suatu usaha untuk mengembangkan dan mengkaji kebenaran suatu pengetahuan. Pada dasarnya riset adalah setiap proses yang menghasilkan ilmu pengetahuan.
Jadi kenapa dalam penelitian tidak menggunakan istilah pembuktian suatu teori akan tetapi menggunakan istilah Pengujian teori, karena disini kita hanya menguji kecocokan antara teori dengan fakta yang kita peroleh (data-data yang kita peroleh di lapangan). Penelitian yang dilakukan disini bukan untuk membuktikan teori yang telah ada itu, tetapi untuk menguji teori tersebut. Dikatakan demikian karena dalam penelitian, kita hanya menyelidiki, atau mempelajari hubungan antara fakta yang satu dengan fakta yang lain pada sekumpulan peristiwa untuk menyelesaikan masalah-masalah berdasarkan teori yang telah ada.
Karena berdasarkan dari tujuan penelitian itu sendiri umunya dilakukan untuk hal-hal:
a.    Bersifat penemuan (belum ditemukan sebelumnya)
b.    Pengujian dan Pengembangan (keluasan pengetahuan yang telah ada)
c.    Menerangkan, memprediksi, dan mengntrol Suatu Ubahan.


4.    Perlunya penelitian dalam dunia pendidikan yaitu:
a.    Untuk memperoleh pengetahuan yang dapat menjawab pertanyaan atau memecahkan masalah dalam dunia pendidikan.
b.    Pengembangan : yaitu untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan dari ilmu-ilmu pendidikan yang sudah ada sebelumnya.
c.    Bertujuan mengembangkan ilmu penetahuan untuk meningkatkan mutu pendidikan itu sendiri.
d.    Untuk memecahkan masalah-masalah dalam dunia pendidikan baik itu masalah yang berkenaan dengan kurikulum pendidikan, kualitas proses pendididkan dan pengajaran serta mutu hasil pendidikan.
e.    Untuk mencari solusi terhadap problema-problema yang dihadapi pendidik dan peserta didik dalam dunia pendidikan terutama dalam hal pembelajaran (belajar mengajar) dan lain-lain.


***Jawaban-jawaban di atas saya dapat dari berbagai sumber (Internet dan Buku2)...

Daftar Isi

Posting Terlaris (sering dibaca)